RASISME ! Kunci Sukses peternakan Kambing

“Derajad indifidu di nilai dari garis keturunannya”

Tentu bila ini di terapkan pada kehidupan manusia akan mengembalikan peradaban modern sekarang kembali di jaman perang dunia .

Tetapi Bila diterapkan disebuah peternakan hewan akan menjadi kunci kesuksesan

- Persilangan Antar Unggulan

- Perkawinan Sedarah

- Persilangan varitas lain

- Sampai kepada Kloning

Tidak lain hanya untuk menaikkan kwalitas Ras dari keturunan Individu baru ” Cara Berfikir Rasis ”

Istilah ” Bibit Bebet dan Bobot ” sudah tidak lazim di jaman ini tapi bila anda menjadi peternak wajib bin wajib untuk menggunakannya.

rasisme-kambing-lanjutkan

Semisal :

Anda akan memelihara Kambing dengan membeli Betina yang baik , Badan tegap , Tinggi , panjang , kambing seimbang dan tidak kendor .

Sebelum menjatuhkan membeli sebaiknya lihat postur dari Bapak dan Ibunya ( minimal ) apakah memiliki kreteria yang sama kemudian kakek dan neneknya dari kedua garis turunan ( garis bapak dan ibu ) bila perlu Kakek Buyutnya . Tentu hal ini akan sulit bila mendapatkan betina bagus dari pasar hewan , sebab masyarakat peternak kita tidak lazim membuat catatan keturunan untuk ternaknya ( tidak ada akte lahir )

Metode ini dipakai untuk mempercepat mendapatkan bibit unggulan , atau pula dengan pola mendapatkan betina dan jantan bagus kemudian anda yang membuat catatan garis keturunan dari ternak yang anda kembangkan dengan pola menseleksi keturunan yang baik dipertahankan untuk meneruskan generasi berikutnya.

Metoda Apa yang sebaiknya di gunakan agar dapat hasil keturunan yang baik ?

Persilangan Antar Unggulan

Betina Juara vs Jantan Juara

Harapan keturunan yang terjadi terlahir anakan yang Juara pula .

Kenyataan masih belum tentu malah dari pengalaman kami dari persilangan Ayam Bangkok / aduan , Juara ketemu Juara menghasilkan keturunan yang acak acakan. ini untuk standart dan kreteria ayam aduan.

Hasil yang di turunkan condong terlalu over di sebagian bentuk badannya , Dada terlalu lebar ( mudah di pukul ) , Paha kaki dan taji terlalu besar dan keras ( susah loncat ) dst.

Memang untuk kreteria ayam aduan sangat teliti dan jelimet , berbeda dari kreteria bangsa ruminasia ( berat badan tujuan akhirnya )

Perkawinan Sedarah / In Breeding

Bapak dengan anak wedok , Kakek dengan Cucu

Ibu dengan anak laki , Nenek dengan Cucu

Sesaudara Ibu Bapak dan masih ada beberapa contoh nya

Baikkah metode ini ?

Bila menggunakan sistem keturunan dalam perkawinan Islam garis keturunan memakai garis Bapak ( bin )

In breeding sangat di haramkan dalam kehidupan manusia dan peternakan dengan alasan menghindari kerusakan genetik dari turunan turunan berikutnya

Persilangan / Cross breeding  varitas lain

Ini tidak jauh berbeda akan cara Persilangan Antar Unggulan tapi dari Varitas berbeda misal : Sapi Bali dengan Sapi Limosin , Domba Garut dengan Domba Lokal , Kambing Jawa dengan Bambing Boer

Tujuan nya adalah mengumpulkan sifat unggul dalam keturunannya.

Tentu Persilangan membutuhkan kesabaran dan ketelitian , untuk menseleksi ternak yang unggul.

Banyak sistem persilangan yang telah ada berhubung untuk menyingkat waktu ambil jalan pintas Foto Copy saja obyek ternak … KLONING , bila bisa silahkan saja.

Ras Apakah kambing Boer

Kambing Boer merupakan jenis kambing pedaging dengan performa yang luar biasa ( cepat besar ), sebenarnya kambing ini umum saja di negara afrika , tetapi telah 65 tahun diadakan Pemulihan Genetik oleh ilmuwan inggris dan akhirnya menghasilkan kambing varitas unggulan Boer ( Petani )

Konon kambing boer berasal dari jazirah arab / Kambing Sabana yang dibawa di bumi afrika , berhubung di daerah afrika ada kambing dengan warna coklat tua agak kehitaman / red kalahari terlahirlah kambing Boer ini dengan corak warna badan putih kepala coklat .

red-kalahari-kambing

Kambing Boer masuk dalam kategori kambing pedaging dengan kecepatan produksi daging 3,5 ons rata rata perharinya bila di kali 7 berati 2,45 Kg perminggunya sebuah angka yang mendekati perkembangan harian Sapi